..Journalistic "Feature"..

Name         : Claudia Raesita Amor
Class/Npm  : 3SA05/11611685
Assigment   : Journalistic "Feature"

Keeksotisan Pantai Anyer..


Pantai Anyer terletak di Anyer, 38 ke arah Barat dari kota Serang atau berada 160 km arah Barat Jakarta. Objek wisata dikawasan Banten yang dapat di tempuh selama dua jam dari Jakarta melalui jalan tol Jakarta-Merak, ini mampu memberikan alternatif pilihan bagi yang suka wisata pantai. Pantai Anyer menghadap Barat sehingga memungkinkan anda untuk melihat sunset yang begitu menajubkan. Pemandangan pasir putih yang terhampar luas hampir sepanjang kawasan Anyer, ditambah dengan air lautnya yang bersih, membuat suasana hati dan pikiran anda menjadi lebih tenang dan rileks.
Kekayaan biota laut pantai Anyer mampu menjadikan pantai Anyer sebagai tujuan alternatif bagi para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Dan salah satu pesona yang dapat menjadikan pantai Anyer untuk dikunjungi adalah anda bisa melihat pemandangan Gunung Anak Krakatau yang berhadapan langsung dengan pantai Anyer. Di pantai Anyer juga terdapat Mercusuar berwarna putih yang menjulang tinggi, berdiri megah yang seakan mempunyai nilai historisnya sendiri. Pada malam hari, lampu Mercusuar tua ini masih digunakan untuk menyinari perairan Selat Sunda. Memberi tanda  bagi kapal-kapal yang melintas agar tetap berlayar pada jarak 12 mil dari garis pantai, dan kapal tidak akan menabrak karang. Mercusuar tua tersebut telah menjadi cagar alam tersendiri di Pantai Anyer, dan dibuka untuk umum siapapun bisa memasuki ruangan dan naik hingga puncak Mercusuar.
Bukan hanya mempunyai keesksotisan pantainya, makanan-makanan khasnya pun telah menjadi primadona di setiap restaurant yang berada di sekitar Pantai Anyer. Jika anda merasa lapar, pantai wisata Anyer banyak menyediakan berbagai macam kuliner khas Banten. Pondok-pondok makanan yang dibuat seperti gubug bambu juga bisa menjadi pilihan untuk melepas lelah, makanan yang disediakan berbagai macam seperti hidangan-hidangan laut yang di sajikan dengan sedemikian rupa, demi menciptakan suasana dan cita rasa yang berbeda.
Berbagai rekreasi dan olahraga air pun cukup lengkap di Pantai Anyer ini seperti Banana Boats, JetSky, Snorkeling, Diving dan masih banyak lagi. Tetapi yang paling disukai adalah permainan menantang “Banana Boats” yaitu sejenis permainan yang terbentuk  dari ban atau karet yang memanjang menyerupai bentuk sebuah pisang, dan sudah dilengkapi dengan alat-alat keamanan yaitu  sebuah jaket pelampung. Dalam permainan ini bisa di naiki oleh 7-9 orang per Banana Boats, dengan digandeng sebuah tali di JetSky lalu Banana Boats tersebut ditarik ke hampir di bagian tengah laut sehingga membuat jantung berdegub kencang dan memacu adrenalin. Setelah sampai di tengah laut kemudian Banana Boats di jatuhkan dan di jungkir balikan dengan sengaja oleh pengendara JetSky.
Bukan hanya olahraga airnya saja yang diminati, Pantai Anyer juga menyediakan jasa tour ke Gunung Anak Krakatau. Anda bisa turun dan berfoto-foto bersama keluarga disana. Selain itu Pantai Anyer juga menyediakan jasa tour ke Taman Nasional Unjung Kulon untuk melihat binatang-binatang purbakala yang ada di taman tersebut. Diantaranya yaitu badak bercula satu yang hanya ada satu jenis di dunia yakni Badak Jawa. Bukan hanya Badak Jawa saja yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon anda dapat menjumpai beraneka ragam jenis binatang yang langka.
Terdapat pula tempat wisata yang unik di daerah pesisir Pantai Anyer, termpat tersebut dinamakan “Karang Bolong” yaitu menjelaskan keunikan batu karang yang besar dan berlubang pada bagin tengah persis di batu itu. Bagian itu yang dapat dijadikan keunikan dan keindahan jika kita mengunjungi tempat itu. Keunikan batu tersebut berada di Desa Karang Bolong, seperti nama karangnya. Seonggok batu batu karang besar itu mempunyai bentuk menyerupai kapal yang sedang terdampar di pinggiran laut.

Selain itu, di Pantai Anyer juga terdapat Rawa Dano. Rawa Dano bisa di nikmati dari atas pegununan Mancak. Kawasan Cagar Alam ini berupa hutan rawa, yang terlihat seperti bekas kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Suhu udaranya pun saat berada di Rawa Dano lebih sejuk dibandingkan Anyer. Tapi itu tidak membuat keeksotisan pantai Anyer berkurang.
Setalah seharian lelah menjalani aktifitas di sekitar Pantai Anyer, disediakan juga tempat penginapan-penginapan dengan harga yang terjangkau hingga sampai yang termahal pun ada disana.



0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda enjoy di blog saya ?

Total view my blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
menjadi diri sendiri lebih baik