JEMBER FASION CARNAVAL






Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Busana Jember) atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.
           Sebanyak 400 an peserta berkarnaval, berfashion run way dan dance, di jalan utama kota Jember disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan. Mereka terbagi dalam 8 defile yang masing-masing defile mencerminkan tren busana pada tahun yang bersangkutan. Defile pertama adalah defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan seterusnya. Defile lainnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa global lainnya. Semua busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya dikompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan.
Arena yang digunakan untuk menggelar JFC adalah jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer
 Jember Fashion Carnaval (JFC) edisi kesepuluh digelar secara besar-besaran di Alun-Alun Kota Jember. Festival kostum kelas dunia itu diikuti oleh 600 peserta. Kemeriahan yang tercipta di kota Jember membentang di area runway karnaval sepanjang 3,6 km. MURI sebagai peragaan dengan catwalk terpanjang 3,6 Km.Sangat spektakuler dan menakjubkan.

Keberadaan JFC diakui sangat positif karena mampu mengangkat nama Jember secara nasional. Selain itu, JFC menjadi ajang bagi para remaja untuk bisa berkarya dan berprestasi. JFC punya bakat-bakat muda yang luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan kostum dari tahun ke tahun yang semakin meningkat dari segi volume maupun konsep yang semakin beragam dan sangat atraktif. Ribuan fotografer dari Media Nasional maupun Asing akan hadir meliput even ini dengan disaksi kan ratusan ribu penonton yang memadati catwalk terpanjang dengan konsep kostum trend fashion dunia.
 


Rancangan Dynand FarizJFC yang meraih International Awards sebagai Runner up 1 kategori Best National Costume di Ajang Men Hunt International 2011 di Taiwan, dan The WInners dalam Ajang Mister International 2011 di Jakarta serta di Mister Universe Model Peagent 2011 di Republik Dominica juga tampil di JFC Tahun ini. Live Performing Art JFC Marching band dan peserta karnaval dengan costume, aksesoris dan make up unik, amazing, fantastik dan spektakuler serta ilustrasi musik dan koreografi yang apik dipresentasikan dalam 10 defile mulai dari best defile JFC I hingga JFC IX dengan tema utama Eyes On Triumph .
Indonesia, sebagaimana Jember, dipandang memiliki identitas fashion yang sangat kuat. Melalui detail etnis dan aksesoris yang beragam, pakaian dan kostum di Indonesia bisa sangat semarak dan menarik. JFC merupakan ajang karnaval yang tak boleh dilewatkan.
Ada sepuluh defile yang tampil pada JFC X . Sembilan di antaranya merupakan defile terbaik dari JFC sebelumnya.Secara berurutan, Defile Royal Kingdom yang bertema kostum raja-raja dari Inggris berada di barisan depan. Lalu, ada Defile Punk yang terinspirasi gerakan perlawanan kaum muda era ’60-an yang eksis hingga kini. Defile India ,juga ada Defile Athena yang menggambarkan peradaban Yunani dan dewa-dewanya.Ada pula Defile Tsunami, yang merupakan tribute (penghormatan) JFC kepada korban bencana Aceh, lewat kostum yang menginspirasi kebangkitan dari laut. Defile Bali yang terinspirasi oleh eksotisme Pulau Dewata dan Garuda Wisnu Kencana. Defile Borneo terinspirasi keindahan dan belantara hutan Kalimantan yang indah. Defile Roots terinspirasi bahan-bahan alami berupa akar dan tanah.Lalu, ada Defile Animal Plant yang dibuat kostum untuk penghargaan terhadap tumbuhan dan hewan-hewan langka. Juga, Defile Butterfly yang mengangkat tema mistis dan kegelapan sebagai bagian dari totalitas JFC dalam berkarya.

sumber :http://unik.kompasiana.com/2011/07/24/jember-fashion-carnaval-2011/


komentar : festival ini dilaksanakan di kota jember ,jawa timur .. festival ini adalah festival terbesar kedua setelah festival yang di adakan di mexico , sangat menarik untuk dilihat , karena mereka berjalan di sepanjang jalan kota jember . 

0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda enjoy di blog saya ?

Total view my blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
menjadi diri sendiri lebih baik