..Sumatera Utara - Nias..

Claudia Raesita Amor
3SA05/11611685
Softskill                   




                       “SUMATERA UTARA – NIAS”
                              “Sejarah Pulau Nias”
        Pulau Nias adalah sebuah Pulau yang terdapat di barat Pualu Sumatera dan di kelilingi oleh beberapa pulau yang lebih kecil, diantara 27 pulau yang mengelilinya tersebut hanya sekitar 11 pulau saja yang sudah berpenghuni termasuk Pulau Nias sebaga pulau terbesar dan memiliki populasi penduduk yang tinggi. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menawan serta adat istiadat yang masih terjaga dengan baik yang bertahan sejak jaman batu kuno dahulu.
Luas Pulau Nias sekitar 5.000 km² dan terdiri dari empat kabupaten dan satu kota yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli. Gunung Sitoli adalah ibukota Pulau Nias dan menjadi segala pusat kegiatan dan kebutuhan Pulau Nias. Nias memiliki sekitar 650 desa, desa-desa tersebut di pimpin oleh  kepala desa yang juga memimpin dewan sesepuh. Desa-desa adat di Nias terkenal akan  penataan arsitekur, lanskap maupun bangunannya yang unik mencerminkan desa setempat.




~Adapun beberapa Objek Wisata Di Pulau Nias :

    1.Pantai Charlita
Tempat Santai di Pantai Charlita - Pondok teduh bernuansa alami saat istirahat
        Pantai Charlita berlokasi di Desa Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Gunungsitoli, menjadikan obyek wisata ini mudah dijangkau. Menuju lokasi, kendaraan roda dua dan empat melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya. 

   2. Paintai Fofola
f1
             Pantai yang kelihatannya masih minim dari jamahan tangan-tangan manusia ini sangat indah dan alami. Pemandangan yang tersaji di sore seperti ombak- ombak yang berkejaran menuju bibir Pantai Fofola. Menjelang sore, ombak kian menderu. Sementara matahari terkesan malu-malu untuk pergi dari balik awan. Uniknya lagi Pantai Fofola ini langsung terhubung dengan muara sungai. Tepat di sisi kiri bibir pantai, ada kubangan besar, muara sungai ini cukup aman untuk berenang khususnya pengunjung anak-anak karena terhindar dari gulungan ombak laut.
        Pantai Fofola Lokasi     : Desa Banuagea Kec. Tuhemberua Kab. Nias Utara
        Aksesibilitas                : Jalan menuju Pantai Fofola Indah dengan menggunkan roda 4 dan 2.
        Deskripsi                    : ± 35 Km dari Ibu Kota Kab. Nias Utara. 65 Km dari Bandara Binaka Kota Gunungsitoli.
        Potensi                      : Untuk dijadikan Daerah Tujuan Wisata, tempat Objek Wisata, sangat menarik dimana indahnya Panorama “sunset” Matahari terbenam, Pantai berbentuk Danau di Apit Oleh Dua Tanjung (Tanjung Ladara dan Tanjung Dowi).


3. Luaha Ndroi
T2
        Air Terjun Luaha Ndroi menyimpan keunikan tersendiri. Dimana, air terjun yang belum banyak diketahui keberadaannya ini, memiliki beberapa tingkat seperti anak tangga. Setiap tingkat terdapat kolam sedalam 50 centimeter hingga 5 meter.
        Lokasi                :  Desa Fulolo, Kec. Alasa-Nias Utara 
        Aksesibilitas        : -2.5 Km dari kantor camat Alasa -39 Km dari pelabuhan laut gunungsitoli -55 Km dari Bandara Binaka
Deskripsi                    :  Airnya yang bersih dan jernih serta bisa   jadi tempat pemandian, air terjun ini juga   Memiliki air yang deras dan ketinggian   mencapai  17 meter.
Potensi                      :  Dapat dijadikan PLTA dan tempat wisata    serta hutan lindung suaka margasatwa.
  

v Makanan Khas :

1.    Gado-Gado
        Ubi atau singkong yang diparut, dibentuk bulat-bulat kemudian direbus setelah matang ditaburi dengan kelapa yang sudah diparut.
2.    Boboto
        Masakan dari fillet ikan kakap atau kerapu. Daging ikan dilayukan atau dibusukkan selama dua malam, lalu ditaburi gongsengan kelapa parut dengan bumbu-bumbu, dibungkus dalam daun singkong, kemudian dikukus dalam daun singkong.
3.    Tambayo
         Ketupat dengan beras ketan dimasak dalam santan kelapa. Tidak seperti di tempat lain, ketupat menggunakan beras biasa,namun ketupat di Nias atau tamböyö menggunakan beras ketan.

  
v Keragaman Adat Istiadat di Nias

       
nias » Pulau Nias, Pulau yang memegang teguh adat istiadat lama
        Sementara sistem di masyarakat menganut sistem hierarki yang menempatkan kau bangsawan sebagai kasta tertinggi, yakni balugu. Diantara 12 kasta yang ada di Pulau Nias Balugu lah yang tertinggi, untuk mencapai tingkatan kasta ini seorang penduduk harus menyelengarakan sebuah pesta besar yang di selenggarakn berhari-hari lamanya menembelih rubuan ternak terutama babi dan mengundang ribuan orang untuk datang ke pesta.
        Salah satu hal menarik yang tidak patut untuk di lewatkan dari Pulau Nias adalah Fahombe yakni lompat batu setinggi 2 meter yang menjadi ciri khas mayarakat Nias. Lompat batu ini sudah sangat terkenal di Indonesia dan menjadi ikon penting yang layak untuk di saksikan saat berkunjung ke Pulau Nias. Konon lompat batu ini dilakukan sebagai latihan perang bagi anak muda suku Nias, sekarang pun masih lestari tradisinya sebagai ritual kedewasaan masyarakat setempat. Bawomatauo adalah salah satu tempat yang bisa di saksiskan untuk melihat pertunjukan lompat batu, tidak hanya sejedar menyaksikan tetapi pengunjung juga bisa mencoba tantanagan melompati batu tersebut.
        Di Desa Bawatomataluo dan Desa Hilisimae pengunjung akan melihat pertunjukan tari perang tradisional, para penarinya akan mengenakan kostum tradisional yang khas dengan bulu burung berwarna cerah serta di ikat di kepala mereka. Lepas desa  Desa Bawatomataluo dan Desa Hilisimae pengunjung juga bisa negunjungi Desa Hilisimaetano yang berada di Selatan Nias di tempat ini terdapat sekitar 100 rumah tradisional dengan ukiran khas Nias yang indah. Selain Budaya, Pulau Nias juga terkenal dengan wisata Pantai yang indah dan kegiatan Selancar yang menentang karena memiliki ombak salah satu yang terbaik di dunia. Pulau Bawa, Pulau Aru serta Pantai Lagundri adalah tempat berselancar yang bagus.
        Untuk menuju Pulau Nias maka bisa di tempuh dengan 2 cara perjalanan yakni Fery dan Pesawat, untuk pesawat bisa di tempuh dari kota Medan maupun Padang sementra Ferry bisa di tempuh dari kota Sibolga.



0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda enjoy di blog saya ?

Total view my blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
menjadi diri sendiri lebih baik