..manajemen pemasaran..


Name         : Claudia Raesita Amor
Class          : 2SA05
NPM          : 11611685
Assigment   : Softskill “Kewirausahaan”

                        Filosofi Manajemen Pemasaran
Ada empat filosofi persaingan yang secara kuat
mempengaruhi suatu aktivitas pemasaran organisasi yang
umumnya mengacu pada:
1. Produksi
2. Penjualan
3. Pasar dan
4. Orientasi sosial
        A.Orientasi Produksi (sebagian orang: field of dreams orientation)
 Suatu filosofi yang berfokus pada kemampuan internal perusahaan yang melebihi
dari keinginan dan kebutuhan pasar.
Orientasi produksi maksudnya di mana manajemen menilai sumber dayanya dan
bertanya: Hal terbaik apa yang dapat kita lakukan?, Apa yang dapat didesain oleh
para insinyur kita?, Apa yang mudah diproduksi dengan peralatan yang kita
miliki?, Dalam kasus perusahaan jasa, manajer bertanya: Jasa apa yang paling
menyenangkan untuk ditawarkan bagi perusahaan?, dan Bagaimana yang tidak
bisa dikerjakan?
        B.Orientasi Penjualan
Didasarkan pada pendapat bahwa orang akan membeli barang dan
jasa yang lebih baik jika menggunakan teknik penjualan yang agresif
dan penjualan yang tinggi tersebut akan mendatangkan keuntungan
yang tinggi juga. Masalah fudamental pada orientasi ini adalah
kerangnya pemahaman atas keinginan (needs) dan kebutuhan (want).
        C.Orientasi Pasar
Orientasi ini tidak bisa memisahkan diri dari konsep pemasaran
alasannya karena keberadaan sosial dan ekonomi bagi suatu organisasi
adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut
sesuai dengan sasaran perusahaan.
Dan orientasi ini mempunyai filosofi yang menganggap bahwa suatu
penjualan tidak tergantung pada sebuah penjualan yang agresif tetapi
lebih pada keputusan konsumen untuk membeli produk.
        D.Orientasi Sosial
Suatu organisasi ada tidak hanya untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen saja serta memenuhi tujuan
organisasi tetapi juga untuk melindungi atau
untuk mempertinggi kepentingan yang
terbaik atas individu dan masyarakatnya
dalam jangka panjang.
        5 Konsep Penjualan berbeda dengan konsep pemasaran yang
sudah dibahas sebelumnya.
Konsep Penjualan (The Selling Concept):
Di dalan konsep ini terkandung dasar pemikiran yang antara
lain:
1. Tugas utama perusahaan ialah mencapai volume penjualan
setinggi-tingginya.
2. Para konsumen harus didorong untuk membeli dengan berbagai
cara peningkatan penjualan
3. Para pembeli kemungkinan akan melakukan pembelian lagi dan
kalaupun tidak masih ada konsumen yang lain.

Sumber : Wikipedia,Buku Panduan Kewirausahaan BAB “Manajemen Pemasaran”.

0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda enjoy di blog saya ?

Total view my blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
menjadi diri sendiri lebih baik