..KEPRIBADIAN DARI BANGSA TIMUR..




Nama  : Claudia Raesita Amor
NPM   : 11611685
Class   : 2SAO5 
Tugas  : Tulisan1 *softskill




KEPRIBADIAN DARI BANGSA TIMUR

Bab1 .
Pendahuluan

a.    Latar belakang

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah bisa melihat dengan sangat jelas bagaimana kehidupan , kepribadian dan kebudayaan dari bangsa timur. Setiap negara , kota maupun tempat dimanapun itu pasti selalu mempunyai kepribadian dan kebudayaan yang berbeda-beda. Pada dasarnya budaya timur itu sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan  masing-masing. Oleh karena itu kita sebagai bangsa timur harus sudah mengetahui dan menelaah serta mempelajari apa itu budaya  dari bangsa timur itu sendiri.

Bab2.
 Pembahasan

a.    Apa itu arti kebudayaan?
b.   Kepribadian dari bangsa timur?
c.    Perbedaan bangsa timur dengan bangsa barat ?
d.    Masalah dan solusi bagaimana mempertahankan kebudayaan yang ada?

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa,pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Kesimpulanya kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Kita sebagai bangsa timur tepatnya indonesia harus bangga dengan apa yang sudah di berikan karunia oleh tuhan. Kepribadian bangsa timur sudah kita anut dari zaman dahulu. Bangsa timur adalah bangsa yang hidup di bagian timur , yang mempunyai karakter , kebudayaan , dan ciri khas yang berbeda-beda. Kebanyakan ciri-ciri dari bangsa timur adalah mempunyai kulit sawo matang putih tidak dan hitampun tidak, mempunyai warna rambut dengan dasar hitam, tidak terlalu tinggi, mempunyai senyum yang menawan, ada juga yang mempunyai ciri khas dengan kulit putih dan mata yang sipit tetapi itu tidak terlalu banyak. Bangsa timurpun mempunyai kebudayaan yang cukup luas dan banyak sekali,yang sudah dan sering kita lihat dimanapun kita berada. Itu hanyalah sebagian kecil ciri khas dai bangsa timur.

Selain itu bangsa timur dikenal dengan keramah tamahannya. Dikenal dengan dengan pribadi yang sopan, pribadi yang mentaati peraturan agamanya dengan baik ,menjunjung tinggi kebudayaan yang ada dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, bangsa timur pun mempunyai kelemahan dan kekurangan.

Sudah sangat terlihat jelas perbedaan-perbedaan yang ada dan dimiliki oleh kedua bangsa ini timur dan barat. Contohnya saja perbedaan masalah fisikly  :

 -Bangsa timur lebih cenderung mempunyai kulit sawo matang ,berambut hitam  dan tidak terlalu tinggi , sebaliknya bangsa barat cenderung mempuyai kulit putin dengan warna rambut pirang , mempunyai stuktur tubuh yg besar dan tinggi, mempunyai warna mata yg lebih terang.

-Bangsa timur mempunyai karakteristik di dalam keseharian mereka , contohnya mereka lebih mendahulukan kesolidaritasan di bandingkan apapun , lebih mampu di ajak bergotong royong satu dengan yang lain dan selalu menebar senyuman khasnya. Sedangkan bangsa barat mereka kurang bersolidaritas dan kurangnya bergotong royong,mereka lebih bersifat individualism.

 -Bangsa timur saat menyikapi sesuatu lebih menggunakan perasaan , logika dan emosi . sedangkan bangsa barat lebih mengutamakan logika saja.

-Bangsa  timur lebih mempunyai banyak sekali kebudayaan yang masih dilestarikan sampai saat ini , dengan suku budaya yang berbeda-beda. Sedangkan bangsa barat lebih mengikuti arus globalisasi tanpa mengetahui budaya yang sudah ada dari zaman dahulu.

-Bangsa timur kurang menghargai waktu dibandingkan dengan bagsa barat yang selalu menomer satukan waktu , karna buat mereka adalah waktu adalah uang.

-Bangsa timur lebih menghormati norma-norma agama dan norma tingkatan , contohnya budaya timur selalu mengucapkan salam ketika mereka ingin berpergian terutama bangsa timur yang menganut agama islam. Sedangkan bangsa barat jarang sekali melakukan hal tersebut.

-Bangsa timur lebih mempunyai banyak bahan makanan seperti rempah-rempah dan bumbu-bumbu untuk dijadikan bahan makanan khas timur , sedangkan bangsa barat mereka lebih menyukai makanan yang siap saji seperti  junkfood.

-Bangsa timur kurang memperdalam ilmu kejujuran , sedangkan bangsa barat sebaliknya.

          Itulah beberapa kilasan perbedaan bangsa timur dan barat di kehidupan sehari-hari kita. Adapun masalah-masalah yang timbul ketika era barat muncul di era timur :

-Banyaknya bangsa timur yang sudah memakai gadget-gadget yang beasal dari bangsa barat.

-Bangsa timur sudah mengikuti gaya dan cara mereka berpakaian.

-Proyek-proyek yang berada di bangsa timur sudah hampir dikuasai oleh orang asing.

-Kebudayaan bangsa timur beberapa sudah diklaim dan di akui oleh negara lain yang masih bersebelahan dengan negara kita.

-Pencampuran bahasa kita dengan bahasa budaya barat dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun beberapa solusi yang bisa kita tanamkan sejak dini :
1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.
2. Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.
4. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya.
5. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
6. menjaga setiap kebudayaan yang ada , dengan cara seringnya menampilkan kebudayaan tersebut di masyarakan luas , didalam maupun diliar negri , supaya pengeklaiman terhadap budaya kita tidak terulang kembali.
Dengan adanya langkah- langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa.


Bab3 .
Penutupan dan Kesimpulan
KESIMPULAN
Bangsa timur merupakan bangsa yang sangat menajubkan dilihat dari segi budaya dan segi lainya. Gapailah dan junjung tinggi semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA” banggalah kita mempunyai semboyan seperti itu.
Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lain akan mempengaruhi nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa.Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus pandai – pandai menyaring arus globalisasi yang masuk, agar tetap dapat sesuai dengan kebudayaan bangsa indonesia.

          Demikianlah tulisan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi yang telah membaca dan memahaminya , terimakasih J


0 komentar:

Posting Komentar

apakah anda enjoy di blog saya ?

Total view my blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
menjadi diri sendiri lebih baik